Jumat, 25 Maret 2016

Info Seputar Abu Merang

Padi merupakan tanaman yang paling banyak di tanam di Indonesia karena merupakan makanan pokok bagi warga negara Indonesia. Bukan hanya bulir-bulir padinya saja yang dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari, namun merang padinya pun dapat kita manfaat juga lho,,

Sebenarnya untuk apa sih merang padi ini ? merang padi yang sudah diambil bulir-bulir padinya bisa langsung kita manfaatkan sebagai makanan ternak , kerajinan tangan, dan juga bisa digunakan sebagai penutup atap di gubug-gubug sawah milik pak tani.

Untuk manfaat lebih lanjut adalah memanfaatkan abu merang nya. Abu merang atau yang disebut juga abu oman , abu qi / abu khi dapat di manfaatkan sebagai pewarna hitam alami pada makanan. Dapat juga digunakan sebagai pengenyal alami untuk produksi Mie dan juga bisa digunakan sebagai shampo merang

1. Abu merang sebagai pewarna hitam alami
Makanan yang berwarna hitam akhir-akhir ini mulai marak digemari masyarakat Indonesia. Pewarna hitam dapat kita peroleh dengan menggunakan zat pewarna kimia atau dapat juga menggunakan pewarna alami. Zat pewarna kimia memberikan efek yang buruk terhadap kesehatan kita, untuk itu sebaiknya kita menggunakan pewarna hitam alami yang dapat kita peroleh dari abu merang. Tak heran karena sejak zaman dahulu kala nenek moyang kita sudah menggunakan abu merang sebagai pewarna alami, sebut saja berbagai macam kuliner tradisional khas Indonesia seperti dawet hitam, kue lapis jongkong, bubur sumsum candil merang hitam manis, cenil, pempek hitam dll.


Cendol Ireng

Dawet Hitam

Pempek Hitam

Kue Lapis Jongkong

di zaman yang sudah serba maju ini, semakin banyak kreasi makanan yang unik-unik dan menarik di pasaran. mulai dari burger berwarna hitam / black burger, hotdog berwarna hitam / black hotdog, kue bolu gulung hitam, nasi goreng hitam, mie hitam / black noodles dll


Black Burger

Black Hotdog
Kue Bolu Gulung Hitam

cara menggunakannya adalah campur abu merang dengan air secukupnya kemudian aduk sampai merata lalu saring air rendaman abu merang dengan menggunakan penyaring yang sangat halus atau bisa juga menggunakan kain, kemudian gunakan air yang sudah jadi untuk pewarna hitam makanan.

2. Abu merang sebagai pengeyal alami
pengenyal dibutuhkan apabila kita akan membuat makanan seperti bakso dan mie. Biasanya kebanyakan orang menggunakan zat kimia berupa boraks / bleng yang bisa di beli di pasaran. Dan tentunya sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa boraks / bleng ini berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Sebagai solusinya kita bisa menggunakan air rendaman abu merang atau bisa disebut juga air khi / air qi sebagai pengenyal alami.

Mie Hitam

Mie Hitam

Bakso Hitam

cara menggunakannya adalah campur bubuk abu merang dengan air secukupnya kemudian aduk sampai merata lalu diamkan semalam sampai air menjadi jernih, air yang jernih ini siap digunakan untuk air pengenyal mie / bakso.

3. Abu merang sebagai Shampo rambut
ingin mempunyai rambut yang hitam dan lebat secara alami ? abu merang lah solusinya. Abu merang ini dapat anda digunakan sebagai shampo rambut ketika anda keramas setiap hari.

caranya adalah dengan mencampurkan bubuk abu merang dengan air bersih ke wadah dan diberi air perasan jeruk nipis 1 buah. aduk sampai rata , kemudian embunkan diudara terbuka selama 1 malam, ambil airnya yang bersih yang terdapat dipermukaan, lalu gunakanlah untuk keramas dan dibilas dengan air bersih. lakukanlah secara rutin maka rambut anda akan semakin hitam dan subur secara alami.

Nah banyak sekali kan manfaatnya abu merang ini.


Bagi Anda yang ingin membuka bisnis dibidang kuliner hitam kami menyediakan bubuk abu merang yang sudah siap pakai dan siap dikirim ke seluruh wilayah di Indonesia.

1. Kemasan Eceran, harga Rp 40.000/dus berat 200gram perkemasan , pembelian minimal 2 dus
2. Kemasan Grosir / Partai Kecil , harga Rp 100.000/1kg , pembelian minimal 4kg
3. Partai Besar, harga Rp 80.000/1kg , pembelian minimal 20kg

untuk pemesanan silahkan dikirimkan : 
NAMA + ALAMAT LENGKAP + JUMLAH PESANAN
SMS/TELP ke Ibu Ida : 0896.8062.9848

Tidak ada komentar:

Posting Komentar